Teknik Perawatan Payudara

Payudara terdiri dari kumpulan kelenjar dan jaringan lemak yang terletak di antara kulit dan tulang dada. Kelenjar di dalam payudara akan menghasilkan susu setelah seorang perempuan melahirkan. Kelenjar-kelenjar susu disebut Lobule yang membentuk Lobe atau kantung penghasil susu. Terdapat 15 sampai 20 kantung penghasil susu pada setiap payudara, yang dihubungkan dengan saluran susu yang terkumpul di dalam puting.

Sisa bgaian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan jaringan berserat yang saling berhubungan, yang mengikat payudara dan mempengaruhi bentuk dan ukuran. Terdapat juga pembuluh darah dan kelenjar getah bening pada payudara. Jangan panik dulu jika anda menemukan perubahan pada payudara anda. Lebih baik kenali dulu aneka perubahan pada organ ini sehingga anda bisa bertindak dengan cepat dan tepat.

Payudara adalah salah satu organ penting dan khas yang dimiliki wanita. Sekali waktu, mungkin payudara anda terasa sakit, keluar cairan dari puting, atau ada benjolan. Meski tidak selalu berbahaya, anda tetap harus waspada dan segera cari tahu penyebabnya.

Proses tumbuh kembangnya payudara antara lain dipengaruhi oleh aktivitas hormon, khususnya hormon estrogen. Selain pada payudara, hormon yang dihasilkan indung telur ini juga bertanggung jawab dalam mengembangkan sifat-sifat kelamin sekunder lainnya, seperti timbulnya rambut di daerah kemaluan, perubahan-perubahan dalam vagina sampai timbulnya menstruasi. Jika terjadi ketidakseimbangan hormon, misalnya selama menstruasi biasanya payudara akan terasa penuh alias mengeras atau membesar. Kadang-kadang, akan terasa pula benjolan lunak yang terasa sakit saat menjelang menstruasi. Biasanya benjolan tersebut akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya begitu menstruasi usai. Asal tahu saja, semua perubahan ini termasuk normal dan tidak berbahaya. Apalagi, jika siklus menstruasi anda berlangsung normal (sekitar 24-31 hari sekali) dan lamanya berkisar antara 4-7 hari.

Apapun perubahan payudara anda harus disikapi dengan hati-hati. Bila penyebabnya dapat diketahui sejak dini, maka upaya penanganan bisa dilakukan sesegera mungkin. Tindakan ini akan membuahkan hasil yang lebih baik, itu sebabnya, cegahlah timbulnya gangguan kesehatan pada payudara dengan beberapa upaya yang dapat anda lakukan.

Berikut ini akan diberikan beberapa upaya atau langkah terbaik agar anda mengetahui segala perubahan payudara, kesehatan dan perkembangan payudara anda, seperti :

1. Buatalah catatan bulanan pada setiap siklus menstruasi

Keteraturan siklus menstruasi dapat diketahui dengan cara menghitung hari, bukan berdasarkan tanggal, setiap bulannya. Bila perlu catatlah segala hal atau perubahan yang dirasakan sebelum dan sesudah menstruasi. segera temui dokter bila anda mengalami hal-hal berikut :

- Siklus haid kurang dari 14 atau lebih dari 35-40 hari sekali.
- Lamanya mensturasi lebih dari 14 hari
- Volume darah mensturasi sangat banyak (sampai mengganti pembalut 4-5  kali sehari )
- Hindari makanan tinggi lemak jenuh

Menurut penelitian menunjukkan, kemungkinan wanita yang mengkonsumsi makanan tinggi lemak cenderung lebih rentan terkena resiko kanker payudara dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi makanan rendah lemak. Namun, belum diketahui apakah diet rendah lemak bisa benar-benar mencegah kanker payudara atau tidak.

2. Rajin-rajin lakukan sadari payudara

Sebenarnya, untuk mengetahui keadaan payudara anda (apakah normal atau tidak), anda dianjurkan melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Sebaiknya pemeriksaan dilakukan tiap bulan, kira-kira seminggu setelah siklus haid usai. Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara oleh sendiri adalah 2-3 hari setelah selesai masa menstruasi.

Berikut teknik memeriksa payudara secara manual yang benar :

a. Berdiri didepan cermin. Kemudian lihat kedua bentuk payudara dan perhatikan dengan seksama jika terjadi perubahan dalam bentuk, ada urat yang menonjol perubahan warna atau bentuk lain dari biasanya. Perhatikan apabila ada perubahan pada puting, terjadi pengerutan kulit disekitar payudara, dan pengelupasan kulit.

b. Lakukan gerakan dengan cara :

- Dekap tangan anda di belakang kepala dan tekan tangan anda ke depan. Kemudian, tekan tangan anda erat pada pinggul dan sedikit menunduk ke depan cermin ketika anda menarik punggung dan sikut ke depan. Lakukan lah gerakan ini sesering mungkin di depan cermin untuk melihat perubahan bentuk pada payudara anda.


>>> Klik Disini Untuk Lihat Detail Cream Obat Pembesar Payudara Wanita!

This entry was posted in Teknik Perawatan Payudara and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>